Berbagi Kisah bersama AKBP Maria Hore Hera: Sosok Wanita Tangguh di Balik Ketertiban Lalu Lintas Polda Jabar

Hai Sobat Doega! Gimana kabarnya nih? Semoga masih semangat puasa ya. Semoga lancar dan full 1 bulan.

Tanggal 23 Maret 2022, SMPN 2 GARUT kedatangan sosok wanita hebat loh. Wanita ini yang  berpengaruh bagi keselamatan masyarakat dalam berlalu lintas. Penasaran siapa sosoknya, yuk kita ulas lebih dalam!

AKBP Maria Hore Hera,S.H., merupakan Kepala Seksi Bidang Keamanan dan Keselamatan di Lalu Lintas Polda Jabar. Bu Maria-begitu kami memanggilnya–membidangi 4 seksi yang berkaitan dengan rekayasa lalu lintas, masalah bencana alam, disiplin lalu lintas, bekerja sama dengan dinas terkait pengecekan kendaraan atau ramcek ke terminal-terminal, dan pembangunan fasilitas lalu lintas. Secara umum, Bu Maria ini mempunyai wewenang untuk memberikan saran atau keputusan tentang segala hal yang berkaitan dengan ketertiban lalu lintas.

Di sela pembicaraan mengenai tugas dan tanggung jawabnya, Bu Maria bercerita tentang cita-cita masa kecilnya. Tahu gak sih Guys, dulu Bu Maria ingin sekali menjadi polwan loh. Ia menganggap bahwa polwan merupakan sosok yang gagah dan keren. Perjalanan Bu Maria menjadi polwan seperti saat ini tidaklah mudah. Mulanya, pada tahun 1982-an, Bu Maria terpilih menjadi salah satu anggota Paskibraka Nasional. Momen itu menjadi batu pijakan bagi Bu Maria untuk mewujudkan cita-citanya menjadi polwan. Pada akhirnya, ia mendaftar dalam seleksi polwan di Surabaya dan langsung lulus! Wah, keren banget ‘kan, Guys!

Sebelum menjadi polwan, Bu Maria harus menempuh pendidikan di Sekolah Kepolisian. Beliau menuturkan bahwa dengan niat dan keinginan yang kuat, semua proses itu terasa lebih mudah. Jadi, buat kalian yang suka pesimis sama cita-cita kalian, yuk semangat. Aku tahu kalian pasti akan menggapai cita-cita tersebut, asalkan ada niat dan usaha tentu tidak lupa dengan doa dan dukungan dari orang tua. Kalian pasti akan berhasil!

Dalam perbincangan tersebut, beliau menuturkan harapannya agar pendidikan lalu lintas ini masuk kurikulum PPKn guna mengedukasi para remaja untuk tetap disiplin dalam berlalu lintas. Bu Maria juga berharap semoga para remaja memiliki attitude dalam berlalu lintas. Beliau tidak ingin kelalain kecil dalam berkendara menyebabkan kita dan orang lain menjadi korban lakalantas.

“Anak-anak juga harus menjadi pelopor keselamatan lalu lintas, contohnya menggunakan helm saat berkendara,” ujarnya.

Di akhir percakapan, Bu Maria mengungkapkan kesan dan pesannya untuk SMPN 2 Garut.

“Ibu juga kaget ya, sangat terharu. Ibu juga memberikan apresiasi kepada Kepala Sekolah SMPN 2 Garut, Bapak/Ibu guru, dan anak-anak sekalian yang telah menyambut ibu sangat luar biasa bikin merinding, dengan ada tarian Gatot Kaca, kita diajak untuk terbang-terbang. Terimakasih banyak, apresiasi luar biasa, semoga SMPN 2 Garut ini menjadi sekolah juara, dengan judul sekolah juara, anak-anak nya harus menjadi juara. Dengan belajar yang baik, berkompetensi yang baik untuk prestasi, jangan sampai berkompetensi untuk saling menjatuhkan. Sukses selalu untuk anak-anak sekalian”.

Terima kasih telah berbincang bersama kami, Bu Maria. Semoga kami bisa menjadi remaja yang sukses dan tentunya taat lalu lintas!

Reporter: Keiysa, Risda, Xena

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *