SMPN 2 Garut, Juara Diorama Dunia Baca Dan Reviwer Buku Terbaik Dalam Tantangan Literasi Nusantara GLN Gareulis Jabar se-Kabupaten Garut

SMPN 2 Garut yang sekarang dikepalai oleh Darsono, S.Pd, M.Pd secara meyakinkan telah membuktikan sebagai sekolah gudangnya para juara. Hal tersebut terbukti dari berbagai perlombaan baik lokal Garut maupun Jawa Barat dan nasional, SMPN 2 Garut selalu menempati peringkat yang membanggakan.

Sekolah yang terletak di ruas utama jalan Ahmad yani 43 ini familiar disebut Doega (Dua Garut) semakin memantapkan dirinya sebagai sekolah para juara. Sebagaimana slogannya; Doega Juara, Doega tak ada matinya. Dalam ajang TALENTA (Tantangan Literasi Nusantara) yang digagas GLN (Gerakan Literasi Nasional) Gareulis Jabar, SMPN 2 Garut terpilih sebagai sekolah dengan predikat Diorama dunia baca terbaik dan Reviewer buku terbaik bagi Epon Maftuhah, M.Ag (Guru PAIBP) salah satu Tim GLS (Gerakan Literasi Sekolah) SMPN 2 Garut.

Pengumuman hasil Talenta tersebut disampaikan pada acara Monitoring dan evaluasi serta pameran literasi Kabupaten Garut yang dilaksanakan Hari Sabtu, 3 Februari 2024 di aula komplek Pesantren Musadadiyah Garut yang berlokasi di Jalan Mayor Samsu. Acara tersebut dihadiri oleh Bunda Literasi Garut yaitu istri PJ Bupati Garut, Kepala Dispusipda Garut Totong, S.Pd, M.Si, Perwakilan dari Dinas Pendidikan Garut, Para Koordinator KCD Dinas Pendidikan, Bunda Yulia ketua umum GLN Gareulis Jabar, H.Abas, M.Pd ketua panitia Talenta GLN Gareulis Jabar 2023-2024, tim penilai dari Jabar, Perwakilan Balai Bahasa Jawa Barat, para tokoh literasi Kabupaten Garut, para kepala sekolah peserta Talenta, serta tim Talenta baik GLS maupun perorangan.

Beberapa sekolah mendapatkan piagam penghargaan sebagai apresiasi dari masing-masing katagori termasuk peserta perorangan. Tim Talenta SMPN 2 Garut terdiri dari Epon Maptuhah, M.Ag sebagai ketua tim, Lupy Agustina Dewy, S.Pd, Enceng Suherman, S.Pd, serta para siswa yang terdiri dari Yordan Dendollion Hermont Yap, Defani Agni Supriadi, Maula Chandra Ad Dhia Shidqi, Eldine Mughni Elfath, Kimya Putri El Hikam, dan Medina Afra Noorsyahla. Mereka para siswa SMPN 2 Garut yang duduk di bangku kelas 9.

Ketua pelaksana pameran Literasi Kabupaten Garut, Eti Rosmiati, S.Pd dalam laporannya menyampaikan peserta Talenta Kabupaten Garut sebanyak 63 peserta. Terdiri dari peserta tim sekolah dan perorangan. Setelah melewati 10 bulan tantangan, terseleksi 24 sekolah dan 4 peserta perorangan. Mereka berhak untuk mengikuti Pameran Literasi sekaligus dievaluasi dan dimonitoring oleh tim penilai dari GLN Gareulis Jabar. ***

Penulis: Epon Maftuhah | Editor: Lupy Agustina

Mungkin Anda Menyukai